STMIK IKMI
MANAJEMEN INFORMATIKA


Profil Manajemen Informatika

Manajemen Informatika – Pengertian manajemen informatika adalah ilmu yang memanajamen informasi melalui bahasa komputer atau pemrograman. Dalam KBBI informatika berarti ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam atau hal-hal yang berkaitan dengan informasi, usaha dalam bidang informasi

 

Sistem informasi merupakan salah satu hal terpenting dalam suatu perusahaan. Dengan adanya sistem informasi maka organisasi atau perusahaan dapat menjamin kualitas informasi yang disajikan dan dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi tersebut. Seiring perkembangan teknologi maka kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan. Karena itu, keberadaan sistem informasi sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya.

            Berdasarkan hasil kesepakatan Pertemuan pertama Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia, 2 Juli 2018 di kampus UPH, supported by AISINDO & APTIKOM, telah menyepakati item-item deskripsi disiplin ilmu Sistem Informasi yang menjelaskan karakteristik sekaligus ruang lingkup disiplin ilmu Sistem Informasi:

- Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek saat TEKNOLOGI INFORMASI bertemu dan berinteraksi dengan SISTEM SOSIAL (organisasi, perusahaan, masyarakat).

-Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari TEKNOLOGI INFORMASI, MANUSIA, dan ORGANISASI (proses, struktur, fungsi, dan lain-lain).

-Disiplin ilmu Sistem Informasi (SI) adalah disiplin ilmu yang mengkaji bagaimana mengumpulkan data, memproses data hingga menghasilkan informasi, dan menyampaikan informasi.

-Disiplin Ilmu Sistem Informasi bersifat MULTI DISIPLIN yakni mempelajari, mengadopsi, dan mengolaborasikan berbagai teori, konsep, dan metode dari disiplin ilmu-ilmu lain, seperti Ilmu Komputer, Software Engineering, Psikologi, Ilmu Sosial, Manajemen, Statistika, dan lainnya.

Meski disiplin ilmu Sistem Informasi bersifat Multi Disiplin dan mempelajari interaksi antara Teknologi Informasi dengan Sistem Sosial, namun yang menjadi kekhasan pengajaran dan penelitian Sistem Informasi adalah bahwa obyek utama yang menjadi pusat perhatian (Center of Attention) adalah Teknologi Informasi (bukan sistem sosialnya) dan bagaimana sukses menyelesaikan permasalahan sistem sosial tersebut dengan Teknologi Informasi.

-Disiplin ilmu Sistem Informasi adalah disiplin ilmu ‘Hilir’ (Applied Discipline) yakni mempelajari bagaimana Teknologi Informasi diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan nyata di organisasi maupun masyarakat dengan sukses.

-Disiplin ilmu Sistem Informasi mempelajari berbagai aspek mencakup PERENCANAAN Sistem Informasi, PERANCANGAN Sistem Informasi, PEMBANGUNAN Sistem Informasi, OPERASIONAL Sistem Informasi, EVALUASI/Audit Sistem Informasi, Faktor-Faktor yang menyebabkan sebuah SI/TI dapat diterima target penggunanya (ADOPTION/DIFFUSION), Bagaimana sebuah SI/TI digunakan target penggunanya (DOMESTICATION), dan Bagaimana Pengaruh/Dampak penggunaan sebuah SI/TI (IMPACTS atau POST ADOPTION STAGE).

-Disiplin ilmu Sistem Informasi mempelajari aktivitas-aktivitas organisasi pada level STRATEGIS, MANAJERIAL, sekaligus OPERASIONAL dalam Mengumpulkan, Memproses, Menyimpan, Mendistribusikan, dan Menggunakan INFORMASI dan Teknologi yang terkait.

Posisi Disiplin Ilmu Sistem Informasi berada ditengah-tengah antara disiplin-disiplin ilmu murni ‘Pembuat TEORI’ (Seperti Matematika, Ilmu Komputer), disiplin ilmu ‘Pembuat TEKNOLOGI’ (seperti Teknik Elektro, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Komputer), dengan disiplin ilmu ‘PENGGUNA Teknologi’ (seperti Manajemen, Bisnis, Marketing, Kedokteran). Disiplin Ilmu Sistem Informasi adalah ‘PENDAYA-GUNA Teknologi’, mencakup mengidentifikasikan masalah yang ada, mengidentifikasi teknologi yang telah dibuat oleh disiplin ilmu ‘Pembuat Teknologi’, merumuskan dan mengimplementasikan Solusi-Solusi berbasis Teknologi Informasi (termasuk merancang Proses Bisnisnya, merancang Struktur Organisasi, SOP, staffing, membangun aplikasi, dan sistem evaluasinya).

Perbedaan disiplin ilmu Sistem Informasi (SI) dengan disiplin ilmu Teknologi Informasi (TI) adalah bahwa SI berorientasi INFORMASI sedangkan TI lebih pada pemanfaatan TEKNOLOGI Informasi.

Produk PENELITIAN disiplin ilmu Sistem Informasi Tidak Hanya berupa prototype Aplikasi, namun dapat berupa Aplikasi, Model, Metode, Kerangka Kerja, Perangkat Manajemen TI, maupun Dokumen/Laporan hasil kajian”.

Pendidikan Sistem Informasi menghasilkan Lulusan yang mampu menjadi ‘PENGHUBUNG’ antara orang Bisnis (Non-Technical) dengan orang TEKNOLOGI INFORMASI (Technical). Ia memahami konsep, metode, dan solusi Bisnis dan Organisasi sekaligus memahami konsep metode, & solusi Teknologi Informasi.

Aspek Budaya dan Manajemen Bisnis masuk dalam lingkup bahasan Sistem Informasi.

Metode penelitian Sistem Informasi: selain prototype, juga kuantitatif dan kualitatif.

Disiplin ilmu Sistem Informasi mengkaji kompetensi pemrograman yang yang berorientasi pada efisiensi dan efektifitas solusi bisnis (bukan hanya kebenaran metode berdasar teori), sehingga pemrograman di dalam disiplin ilmu SI mempertimbangkan (dan tidak dapat dilepaskan dari) lyer-lyer arsitektur sistem di atasnya seperti informasi dan proses-proses bisnisnya.

Kontak

Alamat

Jl. Perjuangan No.10B, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131.

Nomor Telepon

0231 490480