Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Status Kesehatan Bayi Baru Lahir Berdasarkan Pemeriksaan Antropometri Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus: RS. Bersalin Muhammadiyah Cirebon)

Nana Suarna, Elena Monica, Dadang Sudrajat

Abstract


Status kesehatan bayi baru lahir merupakan indikator penting kesehatan bayi, faktor determinan kelangsungan hidup dan faktor untuk pertumbuhan fisik dan mental bayi dimasa yang akan datang. Dengan penanganan ilmu pengetahuan modern saat ini, kasus-kasus kelahiran bayi tidak normal memang masih mampu untuk diatasi. Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika hal tersebut diketahui sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan penentuan status kesehatan bayi baru lahir berdasarkan pemeriksaan antropometri. Status kesehatan bayi baru lahir tersebut yaitu Bayi Baru Lahir Normal (BBLN), Bayi tidak normal meliputi: Bayi Berat Lahir Rendah(BBLR) dan Bayi Berat Lahir Besar(BBLB).

Dengan adanya perkembangan teknologi yang mempengaruhi tatanan hidup dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, perkembangan teknologi tersebut dapat juga diimplementasikan dalam bidang kesehatan. Salah satu perkembangan teknologi adalah sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan terdapat beberapa metode yang digunakan salah satunya metode WP (Weigted Product).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengukur hasil perhitungan kuisioner menggunakan metode Cronbach’s Alpha dapat disimpulkan bahwa status kesehatan bayi baru lahir berdasarkan pemeriksaan antropometri dapat membantu tenaga medis dalam mengambil keputusan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL ICT